Kamis, 08 September 2016

Sakit kepala


Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Hindari Kebiasaan Pemicu Sakit Kepala Ini
http://1health.id/id/article/category/s ... -ini-.html
Sering merasakan sakit kepala? Mungkin kebiasaan Anda sehari-hari adalah penyebabnya. Karena tanpa disadari banyak sekali kebiasaan sehari-hari yang dapat menjadi pemicu sakit kepala. Berikut 1health informasikan kepada Anda.

Emosi
Emosi dan stres tidak hanya menganggu kesehatan pikiran tapi juga dapat menganggu fisik Anda, dan biasanya berujung pada masalah sakit kepala. Jika Anda sedang emosi atau stres, cobalah melakukan meditasi, latihan pernapasan, yoga ataupun melakukan akupuntur untuk sakit kepala.

Mengendong tas terlalu berat
Tekanan yang berlebihan ternyata juga bisa menyebabkan masalah sakit kepala. Menurut Asosiasi Chiropractic Amerika, lebih dari 10 persen dari badan manusia terlalu banyak mengalami tekanan. Salah satunya pada otot trapezius, yaitu salah satu otot yang naik pada bagian belakang leher, yang menjadi sumber kemungkinan sakit kepala.

Malas bergerak
Kurang melakukan aktivitas fisik juga dapat menyebabkan masalah sakit kepala. Karena ketika Anda malas bergerak, maka peredaran darah di dalam tubuh Anda tidak sepenuhnya lancar. Hal tersebut memungkinkan terjadinya penyumbatan jalannya darah ke kepala, yang kerap menyebabkan rasa sakit pada kepala.

Mengepalkan rahang
Kebiasaan sering mengepalkan rahang membuat otot leher menjadi kaku, sehingga hal tersebut dapat memicu sakit kepala. Gangguan sendi temporomandibular yang membuat otot sekitar rahang dan leher tegang juga dapat mengakibatkan masalah sakit kepala.

Kurang minum
Kurang minum adalah penyebab paling umum masalah sakit kepala. Karena, ketika kekurangan cairan, banyak pembuluh darah di kepala mengalami penyempitan. Cobalah minum, minimal 4 sampai 6 gelas sehari, untuk menghindarkan Anda dari masalah sakit kepala.

Image

4 Jenis Sakit Kepala yang Jarang Diketahui
http://health.liputan6.com/read/2584169 ... -diketahui
Kita semua tahu tentang sakit kepala, bahkan mungkin pernah mengalaminya. Ada ratusan jenis sakit kepala, beberapa di antaranya masuk dalam kategori sakit kepala langka dan tak biasa. Untuk membedakannya, dokter biasanya meminta pasien untuk memberitahukan riwayat sakit kepala mereka secara rinci, gejala apa yang mereka rasakan serta kapan dan seberapa sering terjadi.

“Setiap jenis sakit kepala memiliki sejarah yang berbeda.”jelas Mark W.Green, MD, direktur Headache and Pain Medicine di the Icahn School of Medicine di Mount Sinai, New York, dilansir Prevention, Rabu (24/8/2016). Green mengatakan, sejarah sakit kepala pada akhirnya akan menentukan diagnosis dan jenis pengobatan. Berikut adalah 4 tipe sakit kepala yang jarang dikenali.

1. Sakit kepala Exertion

Sakit kepala ini terjadi bersamaan dengan beberapa jenis aktivitas fisik, termasuk olahraga, seks, bersin, tertawa, atau bahkan, ya, buang kotoran. "Saat Anda mengejan, tekanan cairan tulang belakang di kepala meningkatkan sebentar." jelas Green. Tekanan menyebabkan rasa sakit di kepala.

Dalam kasus yang jarang terjadi ini disebabkan karena ada masalah pada pembuluh darah yang menyebabkan rasa sakit, jadi jika sakit kepala terasa luar biasa kuat, Green menyarankan untuk segera pergi ke dokter.

2. Sakit kepala Hipertensi

Sama seperti namanya, jenis nyeri kepala ini disebabkan karena tekanan darah. Sakit kepala ini benar-benar disebabkan oleh tekanan darah yang sangat tinggi kisaran 200/110 atau lebih. "Ketika tekanan darah sangat tinggi, itu meningkat pada otak juga. Pembuluh darah dapat membatasi aliran darah ke otak," jelas Green. Sakit kepala hipertensi sangat spesifik dan umumnya terasa lebih buruk pada pagi hari dan kemudian meningkat sepanjang hari. Untuk menghindari sakit kepala ini, penting untuk tetap mengontrol tekanan darah.

3. Giant Cell Arteritis (GCA)

Adalah suatu peradangan pada lapisan arteri pembuluh darah yang membawa darah yang kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Peradangan paling sering mempengaruhi arteri di kepala. Untuk alasan ini, arteritis sel raksasa kadang-kadang disebut atau temporal arteritis. GCA sering menyebabkan sakit kepala, rahang sakit, dan penglihatan kabur. Gejala umumnya adalah sakit kepala di bagian depan. Kasus ini banyak dijumpai pada orang diatas usia 60 tahun, yang juga sering merasakan sakit di sekitar telinga saat mereka mengunyah. “Sepertiga penderita penyakit ini akan buta.”kata Green.

4. Neuralgia Trigeminal

Semakin tua Anda, semakin besar kemungkinan untuk mendapat rasa sakit ini di sekitar rahang dan wajah. Serangan nyeri berat paroksismal dan singkat dalam cakupan persarafan satu atau lebih cabang nervus trigeminus, biasanya tanpa bukti penyakit saraf organik. Penyakit ini menyebabkan nyeri wajah yang berat.

“Orang-orang dengan kondisi ini mungkin mengalami beberapa ‘kejutan’ setiap hari, ini karena arteri menekan pada saraf” ungkap Green. Tetapi jika pasien dengan gejala-gejala ini lebih muda dari 55 atau lebih, mungkin juga disebabkan oleh penyakit saraf.
Image

6 Gangguan Kesehatan di Balik Sakit Kepala
http://health.liputan6.com/read/2579867 ... kit-kepala
Sakit kepala terkadang bisa tidak berbahaya, sekilas, dan menghilang tanpa jejak. Namun di lain waktu, sakit kepala terasa seperti merayap dan meningkat dari waktu ke waktu. Setidaknya ada tiga jenis sakit kepala yang paling kerap dialami, antara lain migrain, sakit akibat tegang (sakit kepala tegang), dan sakit kepala cluster. Sakit kepala tipe terakhir ini muncul secara tiba-tiba dan bisa mereda dengan cepat.

“Jika Anda mengalami sakit kepala, coba analisis sebentar. Apakah termasuk yang ketiga itu atau tidak. Sakit kepala cluster, biasanya hanya terjadi di salah satu sisi kepala, tidak terlalu umum dan tampaknya turun-temurun dalam keluarga,” ujar direktur Orange County Migraine & Headache Center, Susan Hutchinson, M.D.
Sakit kepala baik akibat rasa tegang di kepala yang terjadi secara kronis atau migrain dapat disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Berikut adalah lima hal yang sakit kepala ungkapkan tentang kesehatan Anda, seperti dilansir dari Self, Kamis (18/8/2016):

1. Anda sedang stres

Jika Anda menderita sakit kepala, lebih baik berhenti dan coba berpikir tentang hal lain yang bisa meredakan rasa stres tersebut.

“Stres yang tidak terselesaikan dapat berkontribusi menyebabkan sakit kepala,” ujarnya.

2. Dehidrasi

“Segala jenis sakit kepala, seseorang perlu untuk melihat kebiasaannya,” ujarnya. Satu hal penting yang harus dilihat adalah asupan air, karena dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala.

3. Anemia

“Anemia yang lebih parah, dapat menyebabkan sakit kepala,” katanya. Untungnya, jika Anda menderita anemia yang kekurangan zat besi, hal ini dapat dilawan dengan menambah asupan zat besi.

4. Memiliki penyakit kronis

Sakit kepala merupakan efek samping yang umum dari banyak kondisi kesehatan kronis, seperti fibromyalgia, lupus, dan diabetes.

5. Tingkat estrogen menurun

Banyak wanita yang mengalami sakit kepala saat menstruasi, akibat penurunan estrogen tepat sebelum menstruasi dimulai. Nanun tidak hanya estrogen yang dapat menyebabkan sakit kepala, tapi perimenopause dan postpartum juga dapat menyebabkannya.

“Setiap kali perubahan hormonal terjadi, adalah waktu rentan terjadi sakit kepala,” katanya.

6. Memiliki tumor otak

“Jika pasien memiliki pola sakit kepala biasa (selama sebulan) dan tidak berubah atau berkurang, hal ini bukan tanda waspada. Namun jika sakit kepala terjadi baru-baru ini dan terasa paling parah dari yang Anda alami sebelumnya, atau berubah memburuk dari waktu ke waktu, hal ini adalah tanda Anda perlu melakukan scan otak,” ujarnya.

Jika Anda merasa khawatir mengenai apa yang menjadi penyebab sakit kepala baru-baru ini, ada baiknya berdiskusi dengan dokter untuk memastikannya.
Image

Cara Aneh Atasi Sakit Kepala Dalam 2 Menit
http://health.liputan6.com/read/2587638 ... am-2-menit
Seorang pria bernama Kamil K. Wawrzyszko mengunggah videonya ke YouTube dan mengatakan dirinya memiliki trik untuk mengatasi sakit kepala hanya dalam dua menit.

"Meskipun saya bukan dokter atau psikolog, saya telah membantu banyak orang dengan sakit kepala mereka, mereka yang memiliki masalah pola tidur, dan masalah kesehatan lainnya," kata pria yang berprofesi sebagai konsultan bisnis tersebut, seperti dikutip Dailymail, Sabtu (27/8/2016).

Entah itu rasa nyeri atau terasa seperti tengkorak Anda sakit, kata dia, kebanyakan orang pasti pernah menderita sakit kepala. Bahkan, menurut penelitian, sekitar 40 persen warga Inggris menderita sakit kepala di beberapa titik sehingga mempengaruhi kualitas hidup mereka.

Tapi jika Anda sudah mencoba obat penghilang rasa sakit, mengendus lavender dan menenggak kopi tidak berhasil,Kami mengklaim ia memiliki trik sederhana namun sangat efektif saat sakit kepala.

Dalam video pendek berdurasi sekitar dua menit itu, Kamil terlihat hanya bertanya tiga pertanyaan sederhana. Seperti di mana Anda merasakan sakit kepala? seperti apa bentuk (rasanya) dan apa warnanya?

"Anda harus bisa memvisualisasikan ini. Misalnya apakah rasa sakitnya di bagian kepala depan dan berwarna hitam. Bila Anda sudah bisa membayangkannya, seharusnya rasa sakit itu hilang," ujarnya.

Dalam video yang terpisah, ia menjelaskan bagaimana pertanyaan ini bisa membuat sakit kepala hilang. "Semakin Anda melihat warna, semakin nyeri akibat sakit kepala menghilang," ujarnya.

Trik mungkin tampak aneh, tapi ada saja orang yang mengklaim sakit kepala mereka benar-benar berkurang karena mengikuti instruksinya.

"Wow! Itu bekerja! (Yah aku harus menonton beberapa kali)," ujar salah seorang yang berkomentar di bagian bawah video.

Wanita lain mengucapkan terima kasih untuk trik ini. Dia mengatakan, "terima kasih. Anda telah mengajari saya cara untuk melepaskan migrain secara alami."

Pengguna internet lainnya juga terkesan. "Ini masih sakit sedikit di pelipis kiri saya tapi itu membantu. "Ini hanya bekerja selama 30 detik tapi setelah itu sakit kepala yang datang kembali. "

Image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar