Selasa, 21 Maret 2017

Ahok, sapaan Basuki, lebih memilih untuk membangun Light Rail Transit (LRT) dibandingkan monorel

Di Hadapan Pendukung, Ahok Pamerkan MRT hingga Gaji Sopir Transjakarta - https://kask.us/ik1Ob #ForumKaskus via @KASKUS

Jakarta Light Rail Transit atau disingkat Jakarta LRT

Spoiler for LRT Info Wiki
Quote:Jakarta Light Rail Transit atau disingkat Jakarta LRT adalah sebuah sistem MassTransit dengan kereta api ringan (LRT) yang direncanakan akan dibangun di Jakarta, Indonesia dan menghubungkan Jakarta dengan kota-kota disekitarnya seperti Bekasi dan Bogor. Ada 2 penggagas LRT di Jakarta, Pemprov DKI yang akan membangun LRT dalam kota dan PT Adhi Karya yang akan membangun penghubung Jakarta ke kota sekitarnya.
Di Hadapan Pendukung, Ahok Pamerkan MRT hingga Gaji Sopir Transjakarta
Gagasan LRT Jakarta mulai muncul ketika Proyek Monorel Jakarta yang sempat diaktifkan kembali pada Oktober 2013 oleh Gubernur DKI saat itu, Joko Widodo tersendat pengerjaannya. Tersendatnya pekerjaan tersebut karena Pemprov DKI dan Gubernur DKI penerus Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tidak akan mengabulkan permintaan yang diajukan oleh PT Jakarta Monorail untuk membangun depo di atas Waduk Setiabudi, Jakarta Selatan dan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sebab, hasil kajian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PU-Pera) menyatakan bahwa jika depo dibangun di atas Waduk Setiabudi, dikhawatirkan peristiwa jebolnya tanggul Latuharhari terulang kembali.
Quote:Video detail konstruksi LRT Jabodetabek yang prasarananya akan dibangun oleh Adhi Karya


Details on Adhi Karya LRT Jabodetabek construction

Ahok, sapaan Basuki, lebih memilih untuk membangun Light Rail Transit (LRT) dibandingkan monorel. Bahkan, Basuki telah mengungkapkan rencana pembangunan ini kepada Presiden Joko Widodo. Adhi Karya yang semula berniat membangun jalur monorel Cibubur-Cawang-Grogol dan Bekasi-Cawang, mendapat perintah dari Presiden Joko Widodo untuk mengubah konsep monorel menjadi LRT juga. Adapun alasan dibangunnya LRT karena lebih mudah terintegrasi dengan moda lainnya (MRT dan KRL) daripada monorel yang populasinya sedikit karena teknologinya tertutup. dari wiki

Spoiler for LRT di Jakarta Dari Lipsus Kompas

Pemprov DKI Jakarta bakal membangun sebanyak dua dari tujuh rute Light Rail Transit (LRT) tahun ini. Gubernur DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama menjelaskan dua rute yang akan dibangun yakni koridor satu dengan rute Kebayoran Lama-Kelapa Gading dan koridor tujuh dengan rute Kelapa Gading-Kemayoran-Pesing-Bandara Soekarno-Hatta.


Pabrik Gerbong LRT Akan Dibangun di Purwakarta
Pembangunan gerbong untuk perakitan kereta api ringan atau light rail transit (LRT) hingga high speed rail akan dilakukan di Jawa Barat, terutama di Purwakarta.
Di Hadapan Pendukung, Ahok Pamerkan MRT hingga Gaji Sopir Transjakarta
"Pembangun gerbong untuk perakitan sendiri kemungkinan di Kabupaten Purwakarta," ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarni dalam Sosialisasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Jumat (19/2/2016). Untuk itu, Rini berharap insinyur-insunyur dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Parahyangan (Unpar), dan universitas lainnya bisa bekerja sama dengan BUMN. Berita feb 2016
Quote:Jakarta Baru Rencanakan Transportasi Berbasis Rel, Bangkok Sudah Punya Segalanya
Di Hadapan Pendukung, Ahok Pamerkan MRT hingga Gaji Sopir Transjakarta
Bangkok bisa dinilai sudah jauh lebih unggul ketimbang Jakarta dalam hal penyediaan layanan transportasi umum berbasis rel untuk warganya. Sebab, Bangkok sudah punya semua layanan transportasi umum berbasis rel yang di Jakarta masih sedang dibangun ataupun baru sekedar wacana.
Quote:


Mulai dari kereta layang (skytrain), kereta bawah tanah (subway), hingga kereta penghubung pusat kota dengan bandara, semua ada di ibu kota Thailand itu. Bangkok tercatat sudah memiliki 2 rute skytrain, 4 rute subway, dan 3 rute kereta ke Bandara Suvarnabhumi. Seluruhnya tidak ada yang berjalan di atas permukaan tanah. Selain itu, meskipun operatornya berbeda-beda, stasiun-stasiun dari ketiga layanan umum berbasis rel itu saling terhubung satu sama lain. Berita Maret 2016

Ahok Anggap Penggunaan Rel Lebar untuk LRT Baru Terasa Berguna Puluhan Tahun Mendatang
Di Hadapan Pendukung, Ahok Pamerkan MRT hingga Gaji Sopir Transjakarta
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan, saat ini, hampir seluruh negara-negara di dunia menggunakan jenis rel dengan lebar 1.435 mm untuk prasarana perkeretaapiannya.Hal inilah yang membuatnya ngotot agar jenis rel itu digunakan untuk light rail transit (LRT) Jabodetabek.
Di Hadapan Pendukung, Ahok Pamerkan MRT hingga Gaji Sopir Transjakarta
Menurut Ahok, jenis rel dengan lebar 1.435 mm memiliki keunggulan berupa bisa menghantarkan listrik langsung pada relnya. Hal itu berbeda dari jenis rel dengan lebar 1.067 mm yang listriknya mengandalkan listrik aliran atas (kabel).
Di Hadapan Pendukung, Ahok Pamerkan MRT hingga Gaji Sopir Transjakarta
"Kereta api bisa 100 tahun lebih lho. Kamu kalau mau berpikir 50-60 tahun ke depan. Masa kita harus pesan khusus sama pabrik kereta api selama 50 tahun saat seluruh dunia kalau pakai yang standar (1.435 mm), bukan yang kurus," kata Ahok. "Jepang yang mempergunakan rel sempit saja, begitu listriknya dia setel di tengah, dia gunakan yang normal, yang standar. Korea juga, Eropa juga," kata dia lagi. Berita Mei 2016
Quote:Diputuskan Jokowi, Ahok-Jonan Sepakat soal LRT
Di Hadapan Pendukung, Ahok Pamerkan MRT hingga Gaji Sopir Transjakarta

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama baru saja membahas masalah proyek light rail transit (LRT) bersama Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan.
Di Hadapan Pendukung, Ahok Pamerkan MRT hingga Gaji Sopir Transjakarta
Basuki mengatakan, kini perbedaan pendapat dengan Kementerian Perhubungan mengenai LRT sudah selesai. "LRT sudah selesai. Waktu itu kan Pak Jonan (Menteri Perhubungan Ignasius Jonan) minta keputusan harus ada di Pak Presiden. Nah, Presiden sudah tegaskan bahwa kita enggak boleh mundur, sudah LRT," ujar Basuki atau Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (8/6/2016).
Di Hadapan Pendukung, Ahok Pamerkan MRT hingga Gaji Sopir Transjakarta
Sebelumnya, Ahok ngotot agar rel LRT Jabodetabek menggunakan rel yang lebih lebar. Alasannya ialah karena rel dengan lebar 1.435 mm merupakan rel yang umum digunakan di banyak negara. Selain itu, Ahok menyebut rel dengan lebar 1.435 mm lebih baik untuk rel jalur layang. Sementara itu, Jonan menginginkan rel yang lebih sempit.
Quote:Quote:Di Hadapan Pendukung, Ahok Pamerkan MRT hingga Gaji Sopir Transjakarta
"Presiden sudah putusin semua pakai (rel) standar," ujar Ahok.

Berita juni 2016

Kepada Jokowi, Adhi Karya Pastikan Proyek LRT Selesai 2019
Komisaris Utama PT Adhi Karya memastikan proyek Light Rail Transit (LRT) akan selesai sesuai yang sudah ditargetkan, yakni pada 2019. Kepastian itu disampaikan pihak Adhi Karya kepada Presiden Joko Widodo saat peninjauan proyek LRT, di kilometer 13 Tol Jagorawi, Jakarta Timur, Jumat (30/9/2016).
Di Hadapan Pendukung, Ahok Pamerkan MRT hingga Gaji Sopir Transjakarta
"Beliau tadi bilang 'ini gimana 2019?' Ia insya Allah 2019 selesai semua Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi," kata nya. "Dan mudah-mudahan keretanya, oleh pihak kementerian perhubungan, juga bisa selesai," tambahnya. LRT mulai dibangun 9 September 2015. Presiden Jokowi yang melaksanakan groundbreaking proyek tersebut. Berita September 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar