Jumat, 28 April 2017

Perubahan yang semakin cepat itu mengharuskan kita untuk turut bergerak cepat.

Ada beberapa kebiasaan kita yang hendaknya harus segera diubah. Ini yang Presiden Joko Widodo sampaikan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional tahun 2017 di Jakarta, kemarin.
Foto Presiden Joko Widodo.
Pertama, sudah bertahun-tahun perencanaan kita tidak pernah fokus dan tidak memiliki prioritas yang jelas. Pemerintahan pusat hingga ke daerah cenderung berlomba-lomba untuk memperbanyak program yang akhirnya mempersulit diri sendiri, dan sering kali menjadi terbengkalai.

Kedua, kurangnya konsolidasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah. Ada waduk tapi tidak ada irigasinya bertahun-tahun. Ada pelabuhan, tapi tidak ada jalan. Artinya tidak terkonsolidasikan dengan baik. Tidak terintegrasi antara pusat, provinsi, kabupaten, dan kota. Berarti orientasinya hanya proyek. Semua ini harus kita ubah.

Perubahan yang semakin cepat itu mengharuskan kita untuk turut bergerak cepat. Di luar sana orang sudah berpikir jauh. Coba lihat Elon Musk, dia berpikir mengenai kendaraan supercepat hyperloop, Tesla, dan SpaceX. Mereka sudah berpikir ke mana-mana, ke arah masa depan yang fantastik.

Foto: Biro Pers Setpres

Tidak ada komentar:

Posting Komentar