Jumat, 28 April 2017

Presiden Joko Widodo berharap unit-unit tersebut dapat dimiliki oleh mereka yang benar-benar membutuhkan

Punya rumah sendiri bukanlah sekadar mimpi bagi para pekerja dan buruh. Untuk merekalah pemerintah hadir, mendorong dan membangun hunian terjangkau. Salah satunya yang kemarin Presiden Joko Widodo datangi, adalah pembangunan rumah susun sederhana milik (Rusunami) untuk masyarakat berpenghasilan rendah di Urbantown-Loftvilles Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten.
Foto Presiden Joko Widodo.
Ada sembilan ribu unit Rusunami, enam ribu unit di antaranya disediakan oleh pemerintah untuk para buruh dan pekerja. Harganya sangat terjangkau, Rp293 juta. Uang muka satu persen atau Rp2,9 juta dan cicilan Rp1,2 juta per bulan. Presiden Joko Widodo berharap pekerja dan buruh mampu membelinya.

Bagaimana gambaran unit Rusunami dengan harga itu? Sangat bagus. Tipe 30 dan terdiri atas dua kamar, juga ada ruang makan dan ruang tengah.

Presiden Joko Widodo berharap unit-unit tersebut dapat dimiliki oleh mereka yang benar-benar membutuhkan. Untuk itulah kita bekerja sama dengan pimpinan-pimpinan serikat pekerja dan buruh untuk memastikan penghuninya adalah pekerja dan buruh berpenghasilan rendah.


Foto: Biro Pers Setpres

Presiden: Rumah untuk Buruh Hanya DP 1% Saja
 

Ingin membeli rumah murah Dp 1 Persen? Cek Daftar Lokasi Program Sejuta Rumah DP 1 Persen disini.

Program sejuta rumah Dp 1 Persen telah dilaunching oleh Presiden  Jokowi  dengan groundbreaking Pembangunan Program Sejuta Rumah yang  dipusatkan  di Kabupaten Ungaran, Jawa Tengah 29 April Lalu. Ada dua tipe rumah yang akan dibangun dalam program sejuta rumah ini yakni rumah tapak dan rumah  susun.

Rumah murah ini memiliki beberapa keuntungan seperti DP yang rendah hanya 1 persen dibanding dengan KPR yang pada umumnya yakni 20 % serta cicilan yang rendah berkisar 700 ribu dengan jangka waktu pembayaran maksimal sampai 20 tahun. Bunga juga diturunkan dari yang 7,5 persen menjadi 5 persen.

Ada 16 propinsi yang akan mendapatkan program SejutaRumah seperti Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepri, Lampung, Sumsel, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Banten, Jogjakarta, DKI, Jabar, Jateng dan Jatim .Adapun tipe rumah yang tersedia adalah , tipe 27, 36, dan 38

Harga rumah subsidi program sejuta rumah yang dipatok oleh pemerintah berdasarkan berdasarkan ketetapan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 113/PMK.03/2015 adalah sebagai berikut :

Daerah  Jawa seharga Rp 110,5 juta, namun harga ini diluar wilayah JaBoDeTaBek  ( Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi )
Daerah Sumatera seharga Rp 110,5 juta dan tidak termasuk  Kepulauan Riau dan Bangka Belitung.
Daerah Sulawesi seharga Rp 110 juta sampai Rp 116 juta
Daerah Papua dan Papua Barat seharga Rp 174 juta
Daerah JaBoTaBek (Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi ) seharga Rp 114 juta.
Jika Anda berminat untuk membeli rumah murah program sejuta rumah Presiden Jokowi dengan DP 1 Persen berikut lokasi pengembangannya dan Pengembangnya serta jenis perumahan yang dibangun. Apakah daerah Anda termasuk rencana pembangunan program sejuta rumah ini?

Baca :

Sebaran rumah subsidi Program Sejuta
Download Tabel Angsuran KPR BTN Sejahtera FLPP 2015
Nama perumahan dan Pengembang Program Sejuta Rumah DKI Jakarta
Nama perumahan dan Pengembang Perumahan Sejuta Rumah Provinsi Banten
Nama perumahan dan Pengembang Program Sejuta Rumah Jawa Barat
Nama perumahan dan Pengembang Perumahan Program Sejuta Rumah Jawa Timur
Nama perumahan dan Pengembang Perumahan Sejuta Rumah Jawa Tengah
Cek Daftar Lokasi Program Sejuta Rumah DP 1 Persen

Berikut daftarnya yang seperti dikutip dari liputan6.com dari Kementrian PU dan Perumahan Rakyat :

1. Provinsi: Sulawesi Selatan‎

Kabupaten/Kota: Bantaeng

Jenis : Rusunawa

Pengembang :‎ Kementerian PUPR

Sasaran : Nelayan



2. Provinsi: Kalimantan Tengah‎

Kabupaten/Kota: Kota Waringin Timur

Jenis: Rumah Tapak

Pengembang:‎ Wengga CJ

Sasaran: Umum



3. Provinsi: Jawa Timur‎

Kabupaten/Kota: Malang

Jenis: Rumah Tapak

Pengembang:‎ Kharisma KP

Sasaran: Umum



4. Provinsi: Jawa Tengah‎

Kabupaten/Kota: Semarang

Jenis: Rusunawa

Pengembang:‎ Kementerian PUPR

Sasaran: Buruh



5. Provinsi: Jawa Barat‎

Kabupaten/Kota: Cirebon

Jenis: Rumah Tapak

Pengembang:‎ Bangun SM

Sasaran: PNS



6. Provinsi: Banten‎

Kabupaten/Kota: Tangerang

Jenis: Rumah Tapak

Pengembang:‎ Prakarsa RP
Sasaran: Umum



7. Provinsi: DKI Jakarta

Kabupaten/Kota: Jakarta Barat

Jenis: Rusunami

Pengembang:‎ Perumnas

Sasaran: Umum



8. Provinsi: Sumatera Selatan

Kabupaten/Kota: Banyuasin

Jenis: Rumah Tapak

Pengembang:‎ Anugrah WI

Sasaran: Umum



9. Provinsi: Sumatera Utara

Kabupaten/Kota: Nias Utara

Jenis: Rumah Tapak

Pengembang :‎ Hatti Saro M

Sasaran : PNS

Cek Daftar Lokasi Program Sejuta Rumah DP 1 Persen

Hasil Pencarian:

program rumah murah jokowi di jawa timur
lokasi perumahan bersubsidi di yogyakarta 2015
lokasi program sejuta rumah
cara mendaftar program sejuta rumah
lokasi rumah murah jokowi di jakarta

http://rumahpantura.com/cek-daftar-lokasi-program-sejuta-rumah-dp-1-persen/

Mulai 25 April, BTN Berlakukan DP 1 Persen
Rabu, 22 April 2015
Bank BTN resmi meluncurkan program uang muka (DP) KPR hanya 1 persen untuk rumah subsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Kepala Kantor Cabang Bank Tabungan Negara (BTN) Pontianak, Wisnu Agus P mengatakan penurunan DP yang mulai berlaku 25 April 2015 ini merupakan kabar gembira bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang ingin punya rumah dengan DP terjangkau.
Wisnu mengatakan setiap tahunnya BTN memproses hingga 6.000 pengajuan KPR. Pengajuan yang datang dikatakannya selalu mengalami peningkatan baik dari proses permintaan MBR, realisasi maupun target realisasinya.

"Pelayanannya sudah dibuka tanggal 25 April yang pertama untuk PNS, TNI Polri, dan peserta BPJS Ketenagakerjaan. Pembayarannya harus kolektif atau melalui bendahara,"ujarnya kepada tribun Rabu, (22/4/2015).

Adapun syarat penerima KPR FLPP ini masih sama dengan aturan sebelumnya yakni pekerja formal yang bergaji di bawah Rp 4 juta bagi yang akan membeli rumah tapak, dan pekerja formal yang bergaji di bawah Rp 7 juta perbulan untuk yang akan membeli rusun, dalam skema FLPP.

Untuk proses pengajuan dan form yang diisi ia katakan tak ada perbedaan, hanya saja karena 25 April bertepatan dengan hari libur maka proses bisa dilakukan pada 27 April.

"Mengenai penurunan suku bunga 5 persen kita masih menunggu keputusan dari pemerintah. Kalau DP tergantung bank, namun untuk suku bunga tergantung pemerintah. DP 1 persen satu paket dengan program pak Jokowi yaitu program satu juta rumah, apalagi selama ini yang menjadi kendalanya adalah uang muka. Sekarang uang muka di ringankan dengan harapan bisa menjangkau semua masyarakat MBR," ujarnya.

Harga rumah murah dalam program subsidi KPR FLPP yang ditentukan pemerintah berkisar Rp 100 -175 juta. Artinya, dengan fasilitas uang muka 1 persen maka pemohon KPR subsidi hanya mengeluarkan uang muka sebesar Rp 1 -1,75 juta.

http://pontianak.tribunnews.com/2015/04/22/mulai-25-april-btn-berlakukan-dp-1-persen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar