Jumat, 21 April 2017

Pasar Klewer bangkit dengan semangat habis gelap tebitlah terang. Selamat Hari Kartini.

Hari ini, Presiden Resmikan Pasar Klewer Solo
Pedagang Pasar Klewer melakukan tradisi kirab boyongan atau pindahan sebelum acara peresmian yang akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, siang nanti. Kirab boyongan dilakukan sebagai penanda pedagang berpindah dari pasar darurat Alun-alun Utara menuju Pasar Klewer baru yang sudah selesai pembangunannya.
Mereka yang sering datang ke Solo, tentu mengenal Pasar Klewer. Ini ikon Kota Solo. Pasar ini punya tempat yang khusus di hatiPresiden Joko Widodo. Setelah terbakar tahun 2014, hari ini, Jumat 21 April 2017, Pasar Klewer di nyatakan dibuka kembali. Ada 1.713 kios dan pelataran yang bisa menampung lebih dari seribu pedagang. Kepada para pedagang dan pengelola Presiden Joko Widodo menitipkan harapan agar pasar ini kita rawat, kita jaga, agar tetap bersih. Pasar tradisional tidak boleh kalah dengan mal-mal besar.
Foto Presiden Joko Widodo. 
Revitalisasi yang dilakukan terhadap Pasar Klewer juga akan dilakukan di pasar-pasar tradisional lainnya. Tak hanya yang berada di Pulau Jawa, tapi juga pulau-pulau lainnya yang selama ini mungkin kurang mendapatkan perhatian.
Kirab dilakukan Jumat (21/4/2017) sejak pukul 08.30 WIB. Sekitar 500 pedagang mengikuti kirab tersebut. Di barisan depan, tampak pedagang membawa tumpeng nasi kuning. Ada pula pedagang yang membawa gunungan dari makanan dan pakaian dalam.
Photo published for Jokowi: Silakan, Jauh-jauh Datang ke Klewer Kok Enggak Belanja... - Kompas.com
Sebanyak 70 pedagang lalu bersiap mengikuti prosesi peresmian oleh Presiden Joko Widodo di depan Pasar Klewer. Beberapa pedagang lainnya bersiap di kiosnya masing-masing untuk menerima kunjungan presiden.

Pejabat humas Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK), Kusbani, mengatakan sebenarnya pedagang belum siap betul untuk berjualan pada hari ini. Pasalnya kios mereka masih butuh penataan

"Persiapan kita hanya satu minggu, sedangkan untuk menata kios harusnya butuh satu bulan. Inipun banyak yang kesulitan mencari tukang. Jadi masih banyak pedagang yang belum berani jualan hari ini," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo menyebut bangunan Pasar Klewer sudah 100 persen rampung. Peresmian dipilih tepat pada Hari Kartini dengan maksud tertentu.

"Pedagang ini banyak yang wanita, simbol dari perjuangan Kartini. Harapannya semoga mereka bisa berjuang di pasar yang baru. Dibangunnya Pasar Klewer ini ibaratnya habis gelap terbitlah terang," ungkapnya.

Pasar Klewer Solo terbakar habis pada 27 Desember 2014 lalu. Pasar kain terbesar di Jawa Tengah tersebut selanjutnya dibangun kembali dengan dana APBN. Lebih dari dua tahun ratusan pedagangnya menempati kios-kios pasar darurat yang disediakan Pemkot Surakarta di Alun-alun Utara Keraton Surakarta.

https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3480286/hari-ini-presiden-resmikan-pasar-klewer-solo
Hari ini kita memperingati kelahiran Raden Ajeng Kartini, pelopor kesetaraan gender dan sekaligus pendobrak gerakan intelektual modern Indonesia. Perjuangan Kartini adalah perjuangan untuk pencerahan dan kebebasan melalui pendidikan.
 
113 tahun sejak kepergian Kartini, semangat sang pahlawan tetap menjadi inspirasi bagi kita. Kelahirannya diperingati setiap tahun, cita-citanya tetap menjadi menjadi acuan, namanya senantiasa mengilhami langkah kita semua mengejar kemajuan.

Sumber gambar:
https://twitter.com/EnggarMendag
https://www.facebook.com/Jokowi/
https://twitter.com/search?q=Jokowi%20klewer&src=typd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar